Selasa, 12 Oktober 2010

Waspadalah, Virus Shortcut Membuat Antivirus Indonesia Kebingungan

Jakarta - Celah keamanan pada file shortcut (.lnk) di bentuk operasi Microsoft Windows menjadi bulan-bulanan pembuat virus. Dikabarkan, terdapat puluhan sampel computer virus shortcut yang ditemukan sedang marak tersebar di Indonesia.
Seperti itu pemberitahuan dari Alfons Tanujaya, analis antivirus Vaksincom, Senin (11/10/2010). "Virus ini tergolong paling besar ditemui di semua pelanggan Vaksincom serta secara de facto penyebarannya amat meluas," katanya.
Berdasarkan keterangan tentang Vaksincom, bertambah banyak varian virus yang memanfaatkan celah yang sama mampu menjadi sulit dideteksi oleh program antivirus. Tetapi terdapat pula antivirus yang mempunyai teknologi tertentu yang memungkinkan hal sejenis ini diantisipasi.
Berikut merupakan sebagian varian virus yang memanfaatkan celah keamanan pada file .LNK di Microsoft Windows sesuai disampaikan analis antivirus Adi Saputra dari Vaksincom:
Sality (Tanatos): Varian virus polymorphic yang menjadikan infeksi file executable, serta pula terbukti memakai celah keamanan ini guna menjalankan penyebaran. Selain melintasi file yang diinfeksi, Sality menjadikan 2 file (1 file autorun.inf dan 1 file executable beserta nama acak) melewati media USB serta jaringan yang menjadikan full sharing (sambil menurunkan juga ratusan file executable sampah beserta nama acak).

Zeus (Zbot atau botnet): Varian trojan yang menjalankan infeksi pada web-web bank serta finansial. Beserta menambahkan keylogger pada halaman web itu dengan tujuan memperoleh username serta password. Worm ini dapat menginfeksi komputer melewati celah pada browser semisal Internet Explorer serta Mozilla Firefox. Worm ini pula sanggup menjalankan broadcast spam kepada alamat e-mail tertentu.

Chymine (worm YM atau conime/secupdat): Worm yang amat populer menginfeksi komputer melewati media Yahoo Messenger. Secara teknik penyebaran yang kesamaan semacam Zeus/Zbot serta Sality, serta mempunyai varian yang berbeda-beda.

Stuxnet: Trojan yang belum lama ini ini mengirimkan secara cepat sambil memanfaatkan koneksi jaringan serta media USB. Trojan ini menjadikan space harddisk kita jadi habis.

VBNA/Hllw.Autoruner (worm Vobfus atau Shortcut/Random) : Worm shortcut yang mempunyai karakter serupa dengan worm YM. Sambil memakai sangat banyak file acak serta ukuran yang berbeda-beda, hingga tak jarang tidak seluruh antivirus bisa mendeteksi varian virus worm ini. Sekarang worm ini lumayan populer serta bisa menyebar dengan pesat.



sumber:http://www.suaranews.com/2010/10/waspadalah-virus-shortcut-membuat.html

icalichie. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © THE SYNTHESIZER. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh