Minggu, 10 Oktober 2010

Mengapa 2 + 2 = 5 ?

Bukankah adik – adik di TKA pun jika dikasih soal 2 + 2 pasti menjawab 4, tapi tahukah sobat bahwa ada orang dewasa yang berpendapat bahwa 2 + 2 = 5?
Beberapa minggu yang lalu googling ke situs – situs orang bule, iseng aja. Lihat hasil karya – karya orang bule…setelah tersesat lama akhirnya terhenti pada suatu situs karena lihat kaos bertuliskan “2 + 2 = 5″. Seperti ketemu teman lama aku translate situsnya… sepertinya memang sampai saat ini belum ada jawaban yang pasti.
Menurut en.wikipedia.org, frase “2 + 2 = 5″ pertama kali muncul sebagai “symbol of unreality“  dalam novel Nineteen Eighty-Four George Orwell. Di novel itu penjumlahan yang salah tersebut digunakan untuk menggambarkan simbol kediktatoran negara. Jadi saking mutlaknya kekuasaan suatu negara sampai “2 + 2 = 5″ (yang secara keilmuan jelas – jelas salah) harus tetap dibenarkan jika negara menghendakinya. Sepertinya novel ini bermaksud mengkritik sistem pemerintahan yang otoriter dan diktator. karya
Aku tidak tahu novel itu, aku pertama melihat penjumlahan yang salah itu pada salah satu judul lagu Radiohead dalam album Hail To The Thief tahun 2003 (itu alasannya kenapa aku katakan teman lama). Dulu sih berpikiran bahwa itu hanya kreatifitas si Tom Yorke – sang vokalis untuk meningkatkan penjualan album dengan membuat judul yang aneh dan “jelas – jelas salah”. Radiohead memang bukan band yang terlalu populer tapi mereka punya  fans fanatik diseluruh dunia. Efeknya si “2 + 2 = 5″ pun ikut populer.

2+2=5 radiohead

Meskipun Tom Yorke pernah menyangkal bahwa lagunya tak ada hubungannya dengan politik, tapi persepsi yang berkembang bahwa lagu “2 + 2 = 5″ tersebut adalah kritik terhadap skandal pemilihan presiden Amerika yang melibatkan Presiden Bush.
Meskipun tidak jelas maksud dari “2 + 2 = 5″, beberapa kali frase tersebut muncul pada film terkenal dunia. Diantaranya Start Trek – The Next Generation dan Scooby Do – Where Are You (http://en.wikipedia.org/wiki/2_%2B_2_%3D_5)
Yang paling parah adalah ada beberapa orang yang ingin membuktikan bahwa “2 + 2 = 5″ itu benar secara matematika atau paling tidak ada kemungkinan benar. Hasilnya? googling aja udah ada blog yang memposting rumus yang katanya benar. (hihihi…..)


Aku menemukan jawabannya…

Masih di tahun 2003 aku membaca buku Sean Covey, The 7 Habits of Highly Effective Teens. Dalam bab Sinergi ada gambaran bagus yang hampir mirip .
“Sinergi adalah 1 + 1 = 3 atau lebih. Sinergi adalah kerja sama yang kreatif dengan penekanan pada kata kreatif. Seluruhnya lebih besar dari pada jumlah bagian – bagiannya”
Jadi kalo 2 + 2 = 5 dalam matematika pasti itu salah tapi jika 2 + 2 = 5 dalam konteks hubungan sosial (ilmu sosial) itu suatu mungkin benar. Tergantung hubungannya apakah menimbulkan sinergi atau tidak.
Contoh sederhana adalah satu orang takut ditambah satu orang takut hasilnya bukan dua orang takut tapi dua orang pemberani. Berani adalah nilai yang lebih daripada nilai takut (2 + 2 = 5).
Itulah jawabanku setidaknya buat diriku sendiri :lol:
Nah pesan moralnya apa?
Jika ingin namamu terkenal diseluruh dunia, trus ada gelar prof-nya dan disandingkan dengan ilmuwan besar seperti Stephen Hawking,  maka buktikanlah 2 + 2 = 5 dalam konteks matematika. Bagaimana, Mau?



SUMBER:http://agitolearninternet.wordpress.com/2010/05/28/mengapa-2-2-5/

icalichie. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © THE SYNTHESIZER. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh