Jumat, 01 Oktober 2010

Superleague Formula, Ajang Balap Klub Sepakbola Dunia

Tahukah anda tentang Superleague Formula? Ajang ini mengkombinasikan popularitas sepakbola dan eksklusivitas motorsport. Klub-klub sepakbola dengan suporer fanatik siap beradu kecepatan di arena balap mobil. Di sini, para suporter bisa meneriakkan "gol" ketika mobil pacu menyentuh garis finish dengan kecepatan tinggi.


Liverpool - Superleague Formula


Jika biasanya Liverpool dan Tottenham Hotspur susul-menyusul di klasemen Liga Inggris, atau AC Milan dan AS Roma saling menyalip di klasemen Liga Italia, sekarang mereka juga melakukannya di arena balap!

Klub mana saja yang ikut balapan ini, dan bagaimana lebih jauh tentang SuperLeague Formula? Blog Sepakbola | sepaxbola.info akan coba membahasnya lebih detil.

Sejarah

Awalnya, Superleague Formula memakai nama Premier 1 Grand Prix (P1GP) dan direncanakan launching pada tahun 2002. Namun P1GP tak kunjung terlaksana karena terkendala banyak hal: kurangnya minat sponsor dan tidak adanya jaminan dari FIFA dan FIA.

Gagasan ajang balap bertema sepak bola ini tersimpan cukup lama hingga akhirnya promotor F1 Bernie Ecclestone memutuskan untuk mengkonsep ulang P1GP dengan nama baru: Superleague Formula (SLF).

Konsep SLF disetujui oleh komisi FIFA dan FIA pada Desember 2005, namun pelaksanaannya baru pada tahun 2008 karena banyak hal yang harus dipersiapkan. SLF memulai balapan musim pertamanya pada 30 Agustus 2008 di sirkuit Donington Park, Inggris.

Pembalap Superleague Formula

SLF diakui secara resmi oleh FIA, jadi jangan harap Lionel Messi atau Christiano Ronaldo boleh menjadi pembalap di sini. Kualifikasi pembalap minimal haruslah memiliki SIM grade A dari FIA. Beberapa diantaranya ada yang berasal dari A1GP, Indycar, GP2, dan banyak juga 'pembalap buangan' dari Formula 1.

Teknologi Superleague Formula

Mirip seperti A1GP, peserta Superleague Formula harus menggunakan mobil yang sama. Mobil SLF dirancang oleh Panoz dan diawasi langsung oleh Elan Motorsport Technologies. Sasis SLF dibangun menyerupai mobil F1, dan telah lolos sertifikasi keselamatan FIA tahun 2007. Sedangkan untuk ban, Michelin menjadi pemasok tunggal di SLF.

Format Superleague Formula

Format balapan SLF hampir sama dengan balapan pada umumnya. Sesi latihan dan kualifikasi dilaksanakan pada hari Sabtu, dan dua sesi balapan diadakan pada hari Minggu. Pada setiap seri yang dilombakan, tim-tim akan memperebutkan uang hadiah sebesar 1/3 juta Euro. SLF juga memberi poin di setiap seri untuk menentukan juara dunia di akhir musim. Namun berbeda dengan F1, di SLF pembalap tidak perlu menyentuh garis finish untuk bisa meraih poin, cukup hanya mengikuti start saja.

Di tahun pertamanya, SLF diselenggarakan dalam 6 seri balapan, yang seluruhnya dilangsungkan di Eropa. Mulai musim 2009 dan seterusnya, dilakukan pengembangan dengan menambah beberapa seri di Asia, Australia, Amerika, dan Afrika. Targetnya, pada tahun 2012 nanti SLF akan memiliki 17 seri dalam setahun.

Klub Peserta Superleague Formula

Secara total ada 18 peserta. Dari 10 klub sepakbola terbesar di Facebook, tiga diantaranya telah ikut ambil bagian: AC Milan,  Liverpool, dan Galatasaray. Ada pula nama tenar seperti AS Roma, Porto, Lyon, PSV, dan Atletico Madrid. Dari zona Amerika Selatan tercatat nama Flamengo dan Corinthians.

Asia juga memiliki wakil, yaitu Beijing Guoan FC. Namun tidak perlu kecewa jika tak ada satu pun klub asal Indonesia yang mengikuti ajang balapan ini....

Berikut ini adalah daftar klub sepabola yang berlaga di SLF musim 2010, selengkapnya: Anderlecht, Tottenham Hotspur, Basel, AC Milan, Olympiacos, Flamengo, AS Roma, Liverpool, Beijing Guoan, FC Porto, Corinthians, Galatasaray, Sporting Lisbon, Sevilla, Bordeaux, Atletico Madrid, Lyon, PSV Eindhoven.

Juara Superleague Formula

Jika di dunia sepakbola tim Asia belum mampu berbicara banyak, di SLF berbeda cerita. SLF musim perdana (2008) dimenangkan oleh tim China, Beijing Guoan. Eropa baru unjuk gigi pada musim berikutnya (2009), dimana Liverpool sukses menjadi juara.

MusimJuaraRunner-upPeringkat 3
2008Beijing Guoan
(Davide Rigon)
PSV Eindhoven
(Yelmer Buurman)
AC Milan
(Robert Doornbos)
2009Liverpool
(Adrian Valles)
Tottenham Hotspur
(Craig Dolby)
FC Basel 1893
(Max Wissel)

Siapa juara terbaru? Hingga tuisan ini dibuat, Anderlecht sedang memimpin klasemen sementara.

  • Situs resmi: http://www.superleagueformula.com
  • Video: http://www.youtube.com/user/thebeautifulrace


Sumber: http://www.sepaxbola.info/2010/09/superleague-formula-ajang-balap-klub.html

icalichie. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © THE SYNTHESIZER. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh